Sabtu, 07 Februari 2015

Tips Sehat : Manfaat Mengunyah Makanan dengan Baik




Mengunyah makanan adalah pekerjaan mudah, tanpa disuruhpun, jika ada makanan di mulut pasti dikunyah. Tetapi walaupun kelihatan mudah, hampir tidak seorangpun yang mengunyah makanan dengan baik. Yaitu mengunyah makanan yang memberi keuntungan bagi sistem percernaan, kesehatan gigi dan terutama bagi yang melakukan diet rendah kalori.

Hal yang sering terjadi terutama bila makanan tersebut menggugah selera adalah kita mengunyah makanan sekedarnya, sehingga dengan cepat makanan tersebut habis. Pada hal mengunyah yang baik adalah mengunyah makanan hingga lembut atau minimal 30 kali.
Berikut ini beberapa manfaat Mengunyah Makanan dengan Baik :

Memperingan Kerja Lambung dan Usus

Makanan yang lembut akan memperingan kerja lambung dan memudahkan kerja usus dalam menyerap makanan.
Kegiatan mengunyah akan merangsang kelenjar saliva  mengeluarkan air liur. Semakin banyak kita mengunyah semakian banyak pula air liur yang dikeluarkan. Nah, air liur kita mengandung enzime milase, yaitu suatu enzime yang mengubah pati menjadi amilum. Semakin banyak air liur yang dikeluarkan semakin banyak pula enzime yang terdapat pada air liur.
Dinding usus manusia hanya bisa menyerap zat maksimal sebesar 15 mikron (0,015 milimeter). Zat-zat yang lebih dari itu akan dikeluarkan dari tubuh. Semakian lembut kita mengunyah semakin banyak pula usus dapat menyerap makanan.

Sangat Baik bagi yang ingin memiliki Berat Badan Ideal

Nafsu makan sangat tergantung pada kadar gula dalam darah. Kita akan merasa lapar ketika kadar gula darah menurun, sebaliknya akan merasa kenanyang ketika kadar  gula darah meningkat. Maka kita tidak usah dengan keras menahan diri untuk menahan makan. Mengunyah dengan baik dapat menekan nafsu makan secara alami.
Hal yang tidak kita sadari adalah bahwa kegiatan makan memberikan rangsangan pada tubuh meningkatkan kadar gula darah. Semakin lama kita mengunyah makanan semakin banyak pula kadar gula darah kita.

Menambah Daya Tahan Tubuh

Sepertinya tidak ada hubungannya, tetapi sebenarnya sangat berhubungan. Mengunyah dengan baik berarti membuat makanan terserap dengan baik oleh usus. Kerja usus diperingan dan yang lebih penting lagi tidak banyak sisa makanan yang diekskresikan sehingga kemungkinan terjadinya pembusukan makanan dalam usus semakin kecil. Makanan yang membusuk di dalam usus akan difermentasi melebihi batas normal. Hasil dari proses pembusukan dan fermentasi adalah racun yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Maka dengan mengunyah dengan baik maka akan menambah daya tahan tubuh anda.

Membantu Menjaga  Kesehatan Gigi

Mengunyah dengan baik berarti banyak air liur yang dikeluarkan. Selain mengandung enzime amilase, air liur juga mengandung kalsium. Kalsium inilah yang melindungi email gigi sehingga tidak mengalami kerusakan. Para pakar di Amerika sudah mengumumkan sejak lama mengenai hal ini. Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan bahwa anak-anak yang terbiasa mengunyah makanan dengan baik cenderung memiliki gigi lebih bersih dan kuat. Selain itu kemungkinan terserang penyakit gigi sangat kecil.

Referensi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar