Jumat, 20 Februari 2015

Cara Mengatasi Rasa Dendam dan Sakit Hati

Meski bagi sebagian orang menghilangkan dendam tidak terlalu mudah, namun ada beberapa cara yang bisa dicoba agar perasaan tersebut perlahan hilang. Berikut sejumlah langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi rasa dendam dan sakit hati Anda:

1. Jangan main hakim sendiri

Jangan main hakim sendiri terhadap orang lain / Ist.
Ingat, seberapapun dendam yang Anda simpan di dalam hati, Anda tidak diperbolehkan main hakim sendiri atau melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Jika Anda dendam terhadap orang lain yang telah melakukan pelanggaran hukum terhadap Anda, sebaiknya Anda melaporkan balik ke pihak yang berwenang seperti kepolisian.

2. Pikirkan masa depan

Pikirkan masa depan Anda / Ist.Pikirkan masa depan Anda / Ist.
Dendam hanya akan menyulut emosi kita. Karenanya, jangan sampai tersulut emosi sesaat. Lebih baik pikirkan masa depan Anda serta berpegang pada tujuan hidup Anda. Jangan sampai kita terjebak oleh rasa ingin membalas dendam dan sakit hati sehingga kebahagiaan serta ketenangan kita terganggu.

3. Serahkan kepada Tuhan

Serahkan kepada Tuhan / Ist.
Jangan sampai dendam menghancurkan kehidupan spiritual Anda. Jika Anda seorang yang beragama, maka serahkan semua rasa dendam Anda kepada Tuhan. Perbanyaklah aktivitas spritiual Anda sehingga kehidupan rohani akan berkembang dan mengalahkan semua rasa dendam Anda.

4. Ubah pola pikir

Ubah pola pikir Anda sehingga dendam terhilangkan / Ist
Bayangkan jika Anda membalaskan dendam Anda. Mungkin Anda akan merasa puas karena rasa sakit hati terbalaskan. Namun tidak akan ada manfaat yang Anda dapat. Karenanya ubah pola pikir Anda. Jadikan kesalahan yang diperbuat orang lain terhadap kita itu menjadi patokan sehingga kita lebih waspada untuk langkah selanjutnya.

Referensi
http://ciricara.com/2014/01/29/cara-mengatasi-rasa-dendam-dan-sakit-hati/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar