MANAKAH MENURUT ANDA SOFTWARE AKUNTANSI TERBAIK : DEA,
MYOB, atau Zahir Accounting?
- MYOB
MYOB merupakan salah satu paket software akuntansi
umum yang cukup populer di Indonesia. Paket software akuntansi umum dalam
hal ini berguna untuk merekam seluruh transaksi bisnis, dan menghasilkan
laporan keuangan secara otomatis. Software akuntansi yang umum ini bisa dipakai
oleh perusahaan dengan skala kecil sampai menengah.
Kelemahan:
1. Database MYOB merupakan
database yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi
laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan
relatif sulit dipenuhi oleh MYOB.
2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
4. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
5. MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
1. Easy of use; MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah setup dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana proses bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
2. Accounting Power; Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
4. Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian upgrade dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
5. Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari pelajaran Accounting.
6. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
7. Nilai investasi yang relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (diluar training dan implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan setup dan implementasi. Pilihlah perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya; tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan tersebut.
8. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat. Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi laba dapat anda siapkan dengan cepat; maka implementasi MYOB akan dapat diselesaikan dengan cepat pula.
2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
4. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
5. MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
1. Easy of use; MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah setup dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana proses bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
2. Accounting Power; Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
4. Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian upgrade dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
5. Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari pelajaran Accounting.
6. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
7. Nilai investasi yang relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (diluar training dan implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan setup dan implementasi. Pilihlah perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya; tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan tersebut.
8. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat. Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi laba dapat anda siapkan dengan cepat; maka implementasi MYOB akan dapat diselesaikan dengan cepat pula.
- DacEasy Accounting
DacEasy Accounting adalah adalah satu software
komputer untuk akuntansi yang di produksi oleh Sage Software, Inc. DacEasy Accounting
merupakan serangkaian modul yang terintegrasi guna mengolah data akuntansi
sehingga menghasilkan laporan keuangan.
Kelebihan:
1. Respon cepat.
2. Jarang terkena virus.
3. Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.
Kelemahan:
1. Tampilan masih hitam putih.
2. Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
3. Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
1. Respon cepat.
2. Jarang terkena virus.
3. Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.
Kelemahan:
1. Tampilan masih hitam putih.
2. Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
3. Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
- Zahir Accounting
Zahir Accounting adalah
sebuah program akuntansi berbahasa Indonesia, yang mudah digunakan, berkualitas
dan berdaya guna tinggi, dirancang tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan
menengah di Indonesia.
Zahir Accounting merupakan
software terbaik penuh inovasi. Dirancang untuk pengguna yang tidak mengerti
akuntansi, karena dalam proses penginputannya sangat mudah digunakan dan desain
tampilan (interface) program yang menarik, hanya dengan sekali menginput transaksi
semudah kita menginput kwitansi atau nota pejualan, seluruh laporan dan grafik
akan terbentuk secara otomatis.
Kelebihan:
1. Mudah digunakan oleh non Akuntan.
2. Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami.
3. Faktur dan Laporan dapat Didesain.
4. Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format.
1. Mudah digunakan oleh non Akuntan.
2. Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami.
3. Faktur dan Laporan dapat Didesain.
4. Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format.
5. Menggunakan Database
Client Server.
6. Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan.
7. Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif.
8. Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down).
Kelemahan:
1. Harga untuk licensinya mahal.
2. Tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
3. Hanya memiliki satu mata uang.
6. Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan.
7. Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif.
8. Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down).
Kelemahan:
1. Harga untuk licensinya mahal.
2. Tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
3. Hanya memiliki satu mata uang.
Menurut saya software Zahir Accounting merupakan
software terbaik, karena lebih mudah menggunakannya dan sesuai untuk seluruh
akuntan di Indonesia.
Bagaimana
dengan software akuntansi pilihan Anda?
REFERENSI
Cari Software Akuntansi? Coba cek Disini ada Beberapa Software Dibidang Akuntansi.
BalasHapusLangsung aja coba Aplikasinya Disini Software Akuntansi